Perkembangan Teori Atom


1. Model Atom Dalton
Teori atom Dalton yang dikenal pada kurun waktu 1803 - 1808 :

1. Semua benda terbentuk dari atom
2. Atom - atom tidak dapat diciptakan ataupun dihancurkan. Suatu atom terhadap yang lainnya dalam ukuran massa dan sifat - sifatnya, namun berbeda dari atom - atom unsur ang lainnya.
3. Atom - atom dari unsur tertentu adalah identik
4. Perubahan kimia merupakan pernyataan atau permisahan dari atom - atom yang tidak dapat dibagi.

Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru. 'Atom adalah partikel terkecil dan tidak dapat dibagi lagi.'

Kelemahan Model atom Dalton : Teori Dalton tidak dapat menjelaskan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar listrik.


2. Model Atom J.J Thompson
Yang menggambarkan model atomnya setelah dia menemukan sinar katode.
Dan Dia menyimpulkan bahwa atom adalah bola basket yang bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron.

Kelemahan Model atom J.J Thompson : Tidak dicantumkan


3. Model Atom Rutherford
Teori atom Rutherford muncul bedasarkan eksperimen hamburan sinar alfa dari uranium. Dan kesimpulannya adalah atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

Kelemahan Model atom Rutherford : Teori ini tidak dapat menjelaskan mengapa tidak jatuh ke inti atom.

4. Model  Atom Bohr
Neils Bohr melakukan percobaan spektrum hidrogen untuk memperbaiki teori atom Rutherford hasil percobaan Bohr adalah elektron yang mengelilingi inti atom yang terdiri dari proton dan elektron pada lintasan tertentu yang disebut kulit elektron.

Kelemahan Model atom Neils Bohr : Tidak dicantumkan


5. Model atom Modern
Model atom Modern ditemukan oleh Schodinger. Penjelasan model atom modern adalah elektron yang mengelilingi inti atom memiliki tingkat energi tertentu tapi keberadaannya tidak dapat dipastikan. Elektron berada dalam arbita yang merupakan fungsi gelombang tertentu dalam kulit atom yang disebut dengan daerah keboleh jadian paling besar untuk menemukan elektron. Model atom Modern  disebut juga model atom Sechodinger.

Kelemahan Model atom Modern : Tidak dicantumkan